![]() |
Design by freepik.com |
Pengertian dari brand image sendiri yaitu adalah pandangan orang-orang (publik) terhadap suatu merek. Maka semakin orang mengenal suatu brand tersebut maka akan tanpa disadari orang-orang akan mencintai brand tersebut dan akan lebih percaya sehingga orang-orang tidak akan ragu dalam melakukan transaksi dengan perusahaan ataupun perorangan yang sudah mereka kenal.
Menurut hasil survey Nielson’s Global New Product Innovation, 59% konsumen lebih memilih brand atau merek yang sudah mereka kenali untuk membeli produk baru.
Maka memiliki brand yang positif dari pandangan publik akan berdampak dalam penjualan dan akan mempertahankan konsumen tetap setia.
Jika Anda menjalani usaha kecil, maka Anda akan bersaing dengan brand-brand yang sudah besar atau lebih dikenal banyak orang dengan pelanggan setianya.
Maka dari itu Anda harus mencari cara untuk membedakan dari para pesaing Anda dengan proses membangun brand yang kuat pada bisnis Anda.
Membangun sebuah brand image itu tidak mudah dan mungkin bisa membutuhkan waktu yang lumayan lama.
Membangun sebuah brand merupakan suatu proses dalam perjalanan bisnis Anda. Namun, dengan begitu akan membangun hubungan jangka panjang konsumen Anda.
Membangun brand bukan sekedar memiliki logo yang keren saja tapi Anda harus melakukan lebih dalam membangun sebuah brand.
Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda dalam membangun brand dan mendapatkan pelanggan yang setia.
Step 1: Menentukan target audiens untuk brand Anda
Ini adalah dasar dalam membangun brand Anda, karena dalam menentukan target ini akan membuat Anda lebih fokus nantinya dalam pemasaran produk Anda.Tentunya ketika pemasaran Anda mencapai target audiens yang sesuai dengan produk Anda maka tingkat ketertarikannya akan semakin besar.
Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang bukan?
Tentu orang-orang pada kategori tertentu yang membutuhkan Anda. Jadi tentukanlah target audiens Anda yang sesuai dengan bidang bisnis Anda.
Tentu dalam membangun sebuah brand yang baik menentukan target agar produk bisnis yang dijalankan tepat sasaran sehingga kita akan mendapat hubungan jangka panjang dengan konsumen apabila produk Anda memiliki kriteria yang sesuai dengan konsumen Anda.
Step 2: Menentukan misi
Supaya target sasaran Anda mempercayai produk dan identitas bisnis Anda, maka Anda harus tahu apakah nilai yang disediakan oleh bisnis Anda.Anda harus memiliki tujuan yang jelas tentang bisnis Anda.
Ini penting dalam membangun brand yang kuat karena kita harus meyakinkan konsumen-konsumen yang potensial agar mengetahui gambaran yang jelas apa produk yang Anda tawarkan dan apakah membuat hidup mereka lebih baik.
Dan segala sesuatu yang Anda tuangkan pada logo, tagline, suara, pesan dan kepribadian harus mencerminkan misi Anda.
Step 3: Lakukan penelitian brand dengan pesaing yang sejenis dengan bisnis Anda
Ini yang perlu Anda lakukan ketika membangun sebuah brand dan Anda tidak perlu meniru sama persis dengan para pesaing Anda yang sudah memiliki brand yang sangat besar.
Akan tetapi, Anda dapat mempelajari bagaimana cara mereka melakukan branding yang baik dan juga pelajari ketika mereka gagal.
Ini akan membantu Anda memahami langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kegagalan dan meniru bagaimana mereka berhasil dalam membangun sebuah brand mereka.
Ini bisa menjadi acuan Anda agar bisa melangkah ke jalan yang benar dalam membangun sebuah brand Anda.
Dan dimana ketika terjadi kegagalan, Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan melihat para pesaing Anda yang sudah besar itu berhasil keluar dari permasalahan tersebut, sehingga akan menimbulkan rasa semangat Anda untuk terus membangun brand sampai keluar dari permasalahan tersebut.
Anda harus kreatif dan berinovasi dalam mencari tahu tentang produk Anda yang akan ada tawarkan yang tidak ditawarkan oleh orang lain.
Fokuslah pada kualitas dan manfaat yang menjadikan bisnis Anda unik dan lebih baik dibanding yang lain.
Ini cara yang baik untuk lebih transparan dalam pelayanan terhadap konsumen dengan memberikan alasan kenapa memilih Anda dari pada yang lain.
Anda harus bersedia menginvestasikan waktu dan uang untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. Anda akan menempatkan logo dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda, untuk memperkuat identitas visual merek Anda.
Gunakan jasa desain yang profesional yang memiliki pengalaman dalam mendesain merek dan identitas untuk membantu Anda membangun brand image.
Dengan keahlian para profesional akan memberikan Anda mendapatkan yang menarik dan unik serta mencerminkan bisnis Anda.
Jadi jika Anda serius untuk menjalani bisnis yang telah Anda tentukan maka dalam hal logo dan tagline percayakanlah kepada orang yang profesional karena Anda akan berinvestasi dalam jangka panjang.
Ini adalah tentang bagaimana Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda, dan bagaimana mereka menanggapi Anda.
Suara bisnis bisa menjadikan:
Membentuk suara bisnis bisa dibilang membentuk kepribadian dalam pelayanan ataupun dalam promosi untuk produk Anda.
Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat di panduanim.com tentang social media marketing pada bagian "Tetapkan kepribadian yang Anda gunakan".
Disana Anda akan mendapatkan penjelasan secara mendetail tentang membentuk kepribadian.
Gunakankanlah suara bisnis yang telah Anda pilih (poin ke 6).
Anda dapat membuat pesan 1-2 kalimat terkait dengan brand Anda.
Ini harus lebih dari logo dan tagline Anda untuk menentukan aspek kunci dari siapa Anda, apa yang Anda tawarkan dan mengapa orang harus peduli.
Sebuah pesan brand adalah kesempatan untuk berkomunikasi yang membuat hubungan emosional langsung dengan konsumen Anda.
Buatlah pesan brand secara sederhana dan jelas dengan bahasa yang mudah dipahami.
Jika klien Anda pergi ke kantor Anda, Anda harus memperlihatkan lingkungan dan interaksi yang baik.
Apa pun yang nyata dari kartu nama, iklan, dan cap logo dari kemasan merek Anda.
Ketika Anda merancang desain website Anda: gabungkanlah suara, pesan, dan kepribadian Anda ke konten.
Halaman profil yang di buat di media sosial harus bermerek visual dari bisnis Anda, dan melibatkan suara yang Anda pilih.
Cara diatas mungkin bisa Anda coba untuk membangun brand image yang kuat yang dapat menjadikan dari pembisnis kecil hingga mampu bersaing dengan brand yang sudah besar.
Dan jika Anda sudah memiliki brand image yang kuat maka pelanggan akan memberikan kepercayaan terhadap brand Anda dan kemungkinan besar akan membeli apa saja yang Anda jual.
Mendapat brand image yang kuat berarti Anda akan mendapat pelanggan yang loyal dan hubungan jangka panjang.
Dan lihat referensi langkah mudah memulai bisnis online dari nol untuk pemula sampai mendapat penghasilan.
Sumber: freshsparks.com
Apabila Anda menyukai dan dirasa bermanfaat artikel ini mohon untuk dishare ke keluarga ataupun teman Anda.
Akan tetapi, Anda dapat mempelajari bagaimana cara mereka melakukan branding yang baik dan juga pelajari ketika mereka gagal.
Ini akan membantu Anda memahami langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kegagalan dan meniru bagaimana mereka berhasil dalam membangun sebuah brand mereka.
Ini bisa menjadi acuan Anda agar bisa melangkah ke jalan yang benar dalam membangun sebuah brand Anda.
Dan dimana ketika terjadi kegagalan, Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan melihat para pesaing Anda yang sudah besar itu berhasil keluar dari permasalahan tersebut, sehingga akan menimbulkan rasa semangat Anda untuk terus membangun brand sampai keluar dari permasalahan tersebut.
Step 4: Prioritaskan kualitas dan manfaat dari bisnis Anda
Jadikan produk, layanan dan manfaat seakan-akan hanya didapat pada Anda.Anda harus kreatif dan berinovasi dalam mencari tahu tentang produk Anda yang akan ada tawarkan yang tidak ditawarkan oleh orang lain.
Fokuslah pada kualitas dan manfaat yang menjadikan bisnis Anda unik dan lebih baik dibanding yang lain.
Ini cara yang baik untuk lebih transparan dalam pelayanan terhadap konsumen dengan memberikan alasan kenapa memilih Anda dari pada yang lain.
Step 5: Buatlah logo yang menarik beserta tagline yang mencerminkan bisnis Anda
Yang paling dasar (bisa dibilang yang paling penting) dalam membangun sebuah brand image yaitu membuat logo yang unik dan menarik beserta tagline yang dapat mencerminkan bisnis Anda.Anda harus bersedia menginvestasikan waktu dan uang untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. Anda akan menempatkan logo dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda, untuk memperkuat identitas visual merek Anda.
Gunakan jasa desain yang profesional yang memiliki pengalaman dalam mendesain merek dan identitas untuk membantu Anda membangun brand image.
Dengan keahlian para profesional akan memberikan Anda mendapatkan yang menarik dan unik serta mencerminkan bisnis Anda.
Jadi jika Anda serius untuk menjalani bisnis yang telah Anda tentukan maka dalam hal logo dan tagline percayakanlah kepada orang yang profesional karena Anda akan berinvestasi dalam jangka panjang.
Step 6: Membentuk suara bisnis Anda
Suara Anda tergantung pada misi perusahaan Anda, audiens dan industri.Ini adalah tentang bagaimana Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda, dan bagaimana mereka menanggapi Anda.
Suara bisnis bisa menjadikan:
- Profesional
- Ramah
- Berorientasi pada Service
- Promosi
- Percakapan
- Informatif, dll.
Membentuk suara bisnis bisa dibilang membentuk kepribadian dalam pelayanan ataupun dalam promosi untuk produk Anda.
Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat di panduanim.com tentang social media marketing pada bagian "Tetapkan kepribadian yang Anda gunakan".
Disana Anda akan mendapatkan penjelasan secara mendetail tentang membentuk kepribadian.
Step 7: Membuat pesan brand dan elevator pitch
Dalam membangun sebuah brand maka Anda harus memberitahu kepada para konsumen secara singkat siapa Anda.Gunakankanlah suara bisnis yang telah Anda pilih (poin ke 6).
Anda dapat membuat pesan 1-2 kalimat terkait dengan brand Anda.
Ini harus lebih dari logo dan tagline Anda untuk menentukan aspek kunci dari siapa Anda, apa yang Anda tawarkan dan mengapa orang harus peduli.
Sebuah pesan brand adalah kesempatan untuk berkomunikasi yang membuat hubungan emosional langsung dengan konsumen Anda.
Buatlah pesan brand secara sederhana dan jelas dengan bahasa yang mudah dipahami.
Step 8: Mengintegrasikan brand Anda ke dalam setiap aspek bisnis Anda
Merek Anda harus terlihat dan tercermin dalam segala hal yang dilihat maupun yang tidak dilihat oleh pelanggan Anda.Jika klien Anda pergi ke kantor Anda, Anda harus memperlihatkan lingkungan dan interaksi yang baik.
Apa pun yang nyata dari kartu nama, iklan, dan cap logo dari kemasan merek Anda.
Ketika Anda merancang desain website Anda: gabungkanlah suara, pesan, dan kepribadian Anda ke konten.
Halaman profil yang di buat di media sosial harus bermerek visual dari bisnis Anda, dan melibatkan suara yang Anda pilih.
Cara diatas mungkin bisa Anda coba untuk membangun brand image yang kuat yang dapat menjadikan dari pembisnis kecil hingga mampu bersaing dengan brand yang sudah besar.
Dan jika Anda sudah memiliki brand image yang kuat maka pelanggan akan memberikan kepercayaan terhadap brand Anda dan kemungkinan besar akan membeli apa saja yang Anda jual.
Mendapat brand image yang kuat berarti Anda akan mendapat pelanggan yang loyal dan hubungan jangka panjang.
Dan lihat referensi langkah mudah memulai bisnis online dari nol untuk pemula sampai mendapat penghasilan.
Sumber: freshsparks.com
Apabila Anda menyukai dan dirasa bermanfaat artikel ini mohon untuk dishare ke keluarga ataupun teman Anda.