12.02

Memenuhi harapan pelanggan akan memberikan kepuasan pelanggan yang bisa membuat bisnis berkembang

Salah satu yang membuat tercapainya kepuasan pelanggan yaitu dengan memenuhi apa yang menjadi harapan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Anda dikenal oleh calon pelanggan Anda, tentu mereka berharap sesuatu yang bisa didapat dari bisnis Anda itu. Karena dengan begitu pelanggan Anda akan merasa senang dan pasti akan balik lagi jika mereka membutuhkan sesuatu yang ada pada bisnis Anda.

Dan seperti Anda ketahui pelanggan itu berupa individu dan juga perusahaan. Meskipun begitu harapan atau keinginan mereka sama atau bisa disamakan.

Dengan harapan pelanggan yang terpenuhi berarti Anda membangun hubungan jangka panjang dengan mereka, dan ini bisa menjadikan bisnis Anda terus bertahan dan berkembang.

Dengan memberikan kepuasaan terhadap pelanggan itu artinya Anda berinvestasi untuk bisnis Anda. Karena apabila pelanggan merasa puas terhadap Anda maka mereka akan merekomendasikan Anda kepada temannya apabila ada yang membutuhkan sesuatu yang ada pada bisnis Anda.

[ads-post]

Ada beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan agar dapat menjalin hubungan jangka panjang.

1. Kesesuaian produk

Ini hal yang diinginkan oleh setiap pelanggan apabila mereka membeli suatu produk yang tentunya ingin mendapatkan kepuasan pada barang tersebut dan tidak mengecewakan.

Disini Anda pasti merasakan ketika Anda menjadi konsumen bagi orang lain, pasti barang yang Anda beli tersebut ingin hasil yang sesuai yang sama ditawarkan oleh penjual tersebut dan hasil yang sesuai harapan Anda.

Perlu diingat kepuasan pelanggan adalah investasi yang besar untuk bisnis Anda. Jadi jangan pernah sesekali Anda mengelabui pelanggan Anda dengan memberikan produk yang tidak sesuai dengan apa yang Anda tawarkan.

2. Harga yang bersaing

Dengan persaingan harga pun bisa membuat pelanggan merasa senang dan puas karena mereka mendapatkan harga yang lebih murah dibanding yang lain meskipun perbedaannya tidak jauh dari para pesaing.

Namun harga bersaing itu tidak terpatok pada harga yang lebih murah, harga bisa lebih tinggi asalkan kualitas barang tersebut yang paling bagus diantara yang lainnya.

Sebagai contoh apabila ada 2 orang yang menjual dengan produk yang kualitasnya sama dan memiliki perbedaan harga, pasti pelanggan akan memilih barang yang lebih murah bukan.

Dan sebaliknya apabila ada 2 barang yang dijual memiliki perbedaan kwalitas dan harga, misalkan dengan kualitas yang bagus memiliki harga yang lebih tinggi, pasti konsumen akan rela mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, asalkan barang yang mereka beli bagus dan tahan lama dalam penggunaannya atau bisa memiliki kelebihan lainnya.

3. Kualitas dan kehandalan (reliability)

Kualitas tentunya menjadi nomor satu untuk kepuasan pelanggan, karena jika dinilai dari suatu barang yang dipakai maka barang yang memiliki kualitas yang baguslah yang akan bisa tahan lama (tidak mudah rusak).

Harapan dari para pelanggan pun adalah dalam pelayanan yang ditawarkan seberapa ramahkah orang yang menawarkan kepada konsumen dan apakah dapat dipercaya.

Dengan memberikan barang dengan kualitas yang sesuai maka Anda memberikan kepercayaan kepada pelanggan Anda, sehingga perasaan puas terhadap bisnis Anda akan dirasakan oleh pelanggan dan ini sangat baik dalam menunjang bisnis.

[ads-post2]

4. Pengiriman

Dalam mengirimkan barangpun bisa menjadikan konsumen merasa puas apabila Anda mengirimkannya sesuai waktu yang telah Anda sepakati dengan pelanggan Anda.

Banyak kasus-kasus pengiriman barang yang telat dikirim, terutama jika pelanggan belanja online.

Ini bukan masalah pada jasa pengirimannya yang telat, melainkan ketika konsumen melakukan transaksi pada hari itu barang tidak dikirim dihari itu juga. Sehingga penerimaan barang oleh konsumen menjadi telat.

Maka dari itu ini perlu diperhatikan, apabila akan melakukan pengiriman pada keesokan harinya maka harus di konfirmasikan apakah konsumen sepakat dengan waktu pengiriman yang ditentukan.

Namun lebih cepat lebih baik apabila Anda sudah melakukan transaksi dengan konsumen Anda.

5. Garansi

Ini yang akan memikat para pelanggan Anda, karena tidak semua barang yang dikirimkan kepada konsumen akan selalu dalam keadaan baik ketika konsumen menerimanya.

Maka dari itu diperlukan garansi agar tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda besar.

Anda perlu memikirkan sebagai konsumen, bagaimana ketika Anda membeli suatu barang dan ketika Anda menerima barang tersebut dalam kondisi yang cacat atau rusak?

Tentu Anda pasti melakukan komplen terhadap penjual barang tersebut dan bagaimana solusi dalam hal tersebut.

Maka cantumkanlah garansi yang pada setiap produk yang Anda tawarkan sehingga ini bisa meyakinkan calon konsumen, bahwa Anda memang dapat dipercaya atas produk yang Anda jual.


Perlu diingatkan kembali bahwa pencapaian terhadap kepuasaan pelanggan adalah strategi pemasaran yang bagus yang dapat membangun hubungan jangka panjang dan bisa dibilang investasi yang bagus terhadap bisnis Anda.

Jangan lupa jika Anda menyukai artikel ini mohon untuk dishare ke keluarga ataupun teman Anda agar dapat bermanfaat bagi orang banyak. Terima Kasih

Salah satu yang membuat tercapainya kepuasan pelanggan yaitu dengan memenuhi apa yang menjadi harapan pelanggan terhadap bisnis Anda